Anda malu untuk berkonsultasi?? Anda dapat mengirimkan email melalui smpk_marfat@yahoo.co.id. Dijamin kerahasiaan akan terjaga dengan baik.

16 Januari 2008

Otak Tetap Sehat

Para ahli berpendapat, setiap peristiwa dalamkehidupan meninggalkan bekasnya di otak. Mulai dari bisikan cinta seorang kekasih hingga pada soal nilai gizi makanan. Otak yang tetap sehat, kuat dan cerdas hingga tua terbentuk oleh berbagai interaksi yang terjadi sepanjang hidup. Bagi mereka yang mendambakan kinerja otak terus tajam hingga usia senja, berikut ini ada beberapa hal yang perlu kita simak :

1. Carilah variasi.
Variasi merupakan “ bumbu penyedap “ kehidupan. Pengalaman yang luas akan memperdalam “ waduk “ pengetahuan . Suasana yang menyenangkan akan menyegarkan otak, sebaliknya, tugas – tugas yang tidak menyenangkan membuat otak menjadi tumpul. Catatan : Kegiatan yang bervariasi harus dilakukan dengan rileks.

2. Bersikap Fleksibel.
Kegiatan untuk memperbaiki keadaan dan mencoba hal – hal yang berpengaruh poditif bagi otak ketimbang sikap menentang perubahan. Ya, kita harus bersikap enjoy dalam setiap situasi dan mengikuti berbagai perubahan dengan hatai gembira.

Catatan ingat syair lagu “ Hati senang walaupunk punya uang “ ( dari Koes Plus )

3. Carilah Perdamaian.
Mereka yang sering tertekan, cemas, marah – marah, atau kecewa akan lebih cepat mengalami kemunduran daya kerja otak disbanding dengan mereka yang menikmati hidup dan aktivitas mereka sendiri.

4. Mengembangkan Keahlian.
Pikiran – pikiran tingkat tinggi akan memperjelas kinerja otak. Salah satu caranya adalah dengan banyak membaca dan menulis.

5. Menabunglah Lebih Banyak.
Orang dengan sumber keuangan lebih besar bisa membiayai aktivitas – aktivitas “ Perawatan “ pikiran seperti perjalanan wisata. Ziarah, dan menikmati peristiwa – peristiwa budaya.

6. Memperbanyak Stimulasi / rangsangan.
Dalam lingkungan dengan stimulasi yang kaya, sel – sel otak akan tumbuh 25 & lebih banyak.

7. Mencari teman sebanyak–banyaknya.
Mereka yang paling banyak teman biasanya mendapat skor tertinggi dalamtest – test kognitif, dan mereka yang terlibat dalam banyak ragam kehidupan sosial selalulebih mampu beradaptasi dengan situasi – situasi baru.

8. Berpikirlah Tentang Diri Anda.
Bukan sebagai obyek pasif atas hal – hal buruk yang terjadi, tetapi sebagai agen aktif yang setiap saat mampu mengubah arah kehidupan anda secara keseluruhan.

9. Berdoa dan Kontemplasi.
Renungkanlah peristiwa - peristiwa iman dalam doa dan kontemplasi, kemudian buatlah catatan singkat tentang peristiwa – peristiwa yang kita renungkan. Bila ini dilakukan terus – menerus, maka otak kita akan selalu segar.

10. Mengembangkan pikiran Positif.
Mengembangkan pikiran – pikiran positif baik terhadap diri sendiri maupun terhadap orang lain. Jangan biarkan pikiran negatif menguasai otak kita.

11. Makanan yang bergizi.
Mengkonsumsi menu makanan yang dapat merangsang / menunjang kesehatan otak, seperti buah – buahan, sayuran segar dsb.


Ingatlah, hanya otak yang bisa mengubah arah perjalanan sejarah. Oleh karena itu, rawatlah otak anda dengan sebaik – baiknya.

Sumber berita “ Media Paroki “ Juli 2006